0
OOP memberikan kemudahan bagi pemograman dalam pembuatan sebuah program. Dengan menggunakann konsep OOP, kode yang dibuat akan lebih mudah dikembangkan dan dirawat. Pemprograman bisa menambah sebuah modul baru tanpa harus mengganggu dan mengubah modul yang lain.
Berikut keuntungan yang di dapat apabila membuat program berbasis objek OOP.

1.      Reusability (kemampuan untuk digunakan kembali).
Kode yang dibuat dapat digunakan kembali di apblikasi atau program lainnya.
2.      Extensibility (kemampuan untuk dapat dikembalikan).
Dengan konsep OOP, pemogram dapat membuat method batu atau mengubah yang sudah ada sesuai dengan yang diinginkan tanpa harus membuat kode dari awal.
3.      Maintainability (kemampuan untuk bisa dikelola).
Kode yang sudah dibuat lbih mudah unntuk sirawat atau dikelola. Apabila aplikasi yang dibuat merupakan aplikasi berskala besar yang memungkinkan terjadinya error atau kesalahan dalam pengembangkannya, dengan konsep OOP permasalahan tersebut dapat diatasi. Hal ini di karenakan pemoograman OOP sudah menggunakann konsep modularitas (memecahkan program yang besar menjadi bagian bagian kecil). Dengan demikian, perbaikan hanya dilakukan pada mosul-modul tertentu tanpa harus mengubah modul yang lainnya.

Dalam bahasa pemograman Java dikenal empat konsep OOP, yaitu:
1.      Enkapsulasi (pembungkusan).
2.      Inhertance (pewarisan).
3.      Polimorfisme (keragaman bentuk).

4.      Abstraksi.

Post a Comment

Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??