0
Perulangan dengan do-while menggunakan logika yang sama dengan teknik perulangan dengan while. Dalam perulangan dengan do-while, pernyataan dalam sebuah pertanyaan dieksekusi terlebih dahulu, barulah dilakukan pengontrolannya. Artinya, pernyataan while-nya berada di bagian akhir struktur looping. Apa yang membuat teknik ini menarik adalah bahwa pada do-while, pernyataan yang dibuat akan dieksekusi minimal sekali, meskipun batas pengontrolannya tidak terpenuhi. Hal ini berbeda dengan teknik perulangan dengan while. Dengan mengintrolkan do-while, logika-logika pemrograman seperti pada permainan game dapat dibuat, misalnya perintah untuk mengakhiri suatu game. Game akan berhenti jika pemain menekan huruf Y pada keyboard. Selain huruf Y tidak ditekan, permainan tidak akan selesai.



Berikut contoh program perulangan dengan do-while.

package perulangan.pkgdo.pkgwhile;
public class PerulanganDoWhile {
    public static void main(String[] args) {
        int a=0;
        do
        {
            System.out.println("contoh dari do-while ");
            a++;
        }while(a<5);
    }   
}

Hasil saat dijalankan
 
Dari contoh pemrograman di atas terlihat bahwa teknik do-while hampir mirip dengan teknik while. Hal ini yang membuatnya sedikit berbeda adalah penempatan pengontrol batas perulangannya di bagian terakhir (a<5) sehingga memungkinkan sebuah pernyataan dapat dicetak satu kali, walaupun kontrol perulangan tidak terpenuhi.

Post a Comment

Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??