0
Objek merupakan entitas dari sebuah keadaan, perilaku, dan identitas yang tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik. Biasanya pendeklarasikan sebuah objek dari class disebut dengan instansiasi (instance). Proses tersebut dilakukan pada class yang diinginkan dengan kata kunci new.



Untukdapat membedakan antara class dan objek, perhatikan ilustrasi berikut. Terdapat sebuah class motor yang dapat digunakan untuk mendefinisikan beberapa objek motor. Pada label dibawah. Motor A dan Motor B adalah objek dari class motor. Class motor memiliki karakteristik seperti nomor pelat, warna, isi silinder, dan kecepatan yang diisi dengan nilai pada tiap objek motor A dn motor B.

Class Motor
Objek (Motor A)
Objek (Motor B)
Nomor pelat
BM 2293 XP
BK 1938 TI
Warna
Putih
Hitam
Isi silinder
135 cc
150 cc
Kecepatan maks
180 km/jam
200 km/jam

Ketika diinisialisasi, setiap objek mendapatkan satu set variabel yang baru. Bagaimana, implementasii method dibagi di antara objek pada class yang sama. Class menyediakan keuntungan berupa berupa reusability, artinya class dapat digunaakan secara berulang-ulang dengan objek yaang berbeda. Berikut contoh instansiasi class manusia pada label di ini.
Manusia Ira = new manusia(“lis”);
Dengan menggunakan kata kunci new, objek dengan nama ira telah terbentuk.

Post a Comment

Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??