0
Perulangan dengan while sebenarnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan perulangan dengan for. Pertanyaan di dalam blok perulangan akan dieksekusi dengan cara memeriksa ekspresi penambahan yang ada. Sepanjang ekspresi bernilai true, pertanyaan akan terus dieksekusi. Sebuah variabel digunakan sebagai kontrol perulangan dalam teknik ini. Kelebihan perulangan dengan while adalah bahwa variabel yang dideklarasikan tidak hanya bertipe integer atau double, namun bisa juga bertipe boolean.



Berikut alah contoh dari perulangan while:

package perulangan.pkgwhile;
public class PerulanganWhile {
    public static void main(String[] args) {
        int a=0;
        while(a<5){
            System.out.println("Hasil yang ditampilkan"+a);
            a++;
        }
    }
}

Hasil saat dijalankan
 
Untuk perulangan dengan while, pengontrolnya ada dua. Pengontrol pertama untuk menetukan batas perulangan (a>5) atau (a<5), sementara pengontrol kedua untuk ekspresi penambahan sehingga batas perulangan (a--) atau (a++) tercapai. Berbeda dengan perulangan menggunakan for, perulangan dengan while lebih banyak penggunannya. Selain berbentuk bilangan, pengontrol perulangan juga bisa dibuat dalam bentuk boolean (true dan false).

Post a Comment

Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??