Hampir sama dengan if-else, switch-case juga
dipakai untuk mengeksekusi pertanyaan konsional. Bedanya, switch-case digunakan
untuk mengesekusi sebuah kondisi dalam bentuk perbandingan. Biasanya perintah
ini digunakan dalam games seperti mobil balap. Jika keypad A ditekan, mobil
akan bergerak ke kiri. Sementara jika keypad B ditekan maka mobil akan bergerak
ke kanan.
Program berikut merupakan contoh penggunaan dari
switch-case. Misalnya terdapat sebuah variabel bernama kota yang bertipe char,
di mana variabel tersebut akan dibandingkan dengan nilai dari tiap tiap case.
Apabila bernilai true (Kota==B), pertanyaan di dalam case akan dieksekusi. Hal
yang harus diperhatikan dalam switch-cese adalah kata break, yang digunakan
untuk menyudahi program sehingga pertanyaan pada case berikutnya tidak akan
ikut dieksekusi.
Berikut ini adalah contoh switch-case:
package perintah.pkgswitch.pkgcase;
public class PerintahSwitchCase {
public static void main(String[] args) {
char Kota='B';
switch (Kota)
{
case 'A':
System.out.println("Kota
Utara");
break;
case 'B':
System.out.println("Kota
Timur");
break;
case 'C':
System.out.println("Kota
Selatan");
break;
case 'D':
System.out.println("Kota
Barat");
break;
default:
System.out.println("Maaf,
rumah yang Anda maksud tidak terdaftar");
}
}
}
Hasil saat dijalankan
Post a Comment
0 komentar
Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??