0
Hampir sama dengan if-else, switch-case juga dipakai untuk mengeksekusi pertanyaan konsional. Bedanya, switch-case digunakan untuk mengesekusi sebuah kondisi dalam bentuk perbandingan. Biasanya perintah ini digunakan dalam games seperti mobil balap. Jika keypad A ditekan, mobil akan bergerak ke kiri. Sementara jika keypad B ditekan maka mobil akan bergerak ke kanan.



Program berikut merupakan contoh penggunaan dari switch-case. Misalnya terdapat sebuah variabel bernama kota yang bertipe char, di mana variabel tersebut akan dibandingkan dengan nilai dari tiap tiap case. Apabila bernilai true (Kota==B), pertanyaan di dalam case akan dieksekusi. Hal yang harus diperhatikan dalam switch-cese adalah kata break, yang digunakan untuk menyudahi program sehingga pertanyaan pada case berikutnya tidak akan ikut dieksekusi.
Berikut ini adalah contoh switch-case:

package perintah.pkgswitch.pkgcase;
public class PerintahSwitchCase {
    public static void main(String[] args) {
        char Kota='B';
       
        switch (Kota)
        {
            case 'A':
                System.out.println("Kota Utara");
                break;
            case 'B':
                System.out.println("Kota Timur");
                break;
            case 'C':
                System.out.println("Kota Selatan");
                break;
            case 'D':
                System.out.println("Kota Barat");
                break;
            default:
                System.out.println("Maaf, rumah yang Anda maksud tidak terdaftar");
        }
    }
}

Hasil saat dijalankan

 

Post a Comment

Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??