0
Perulangan dengan for dikontrol oleh tiga hal. Pertama, inisialisasi nilai awal dari looping (start) yang beisanya berupa variabel bertipe int. Kedua, pengontrol yang menentukan batas perulangan tersebut. Pengontrol ini dibuat untuk menetapkan kapan perulangan akan berhenti. Bagian yang terakhir berupakan increment/decrement variabel mencapai nilai batas perulangan.



Berikut adalah contoh dari perintah for:

package perulanganfor;
public class PerulanganFor {
    public static void main(String[] args) {
        int a=0;
        for(a=0; a<6; a++){
            System.out.println("komputer tidak terkontrol"+a);
        }
    }
}

Hasil saat dijalankan
 
Pada program di atas terlihat bahwa dengan perulangan for, kalimat komputer tidak terkontrol dapat dituliskan sebanyak enam kali. Perulangan dilakukan dengan menginisialisasi sebuah variabel yang menentukan permulaan (int a=0), kemudian menentukan batas perulangan sebagai kontrol dalam tipe prosesnya dengan perintah (a<6). Apabila kamu menggunakan (a<=6), perulangan akan dilakukan sebanyak 7 kali karena inisialisasi pada variabel awal dimulai dari (a=0). Tahap terakhir untuk membuat perulangan adalah menambah nilai variabel a sehingga nilainya mendekati (“a=6”).

Post a Comment

Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??