0
Constructor adalah suatu method yang bernama sama dengan nama class pada lokasi method tersebut dibuat. Fungsi constructor adalah sebagai inisiasi awal dari terbentuknya sebuah objek. Constructor akan memanggil secara otomatis ketika sebuah objek diinstansiasi. 
Perhatikan properti constructor berikut ini:
1.      Sebuah constructor memiliki nama yang sama dengan class-Nya.
2.      Sebuah constructor mirip dengan method pada umumnya, namun informasi informasi yang dapat ditempatkan pada constructor  hanya berisi nama constructor dan parameternya.
3.      Tidak memiliki nilai pengembalian (return value).
4.      Tidak dapat dipanggila secara langsung, tetapi harus dipanggil dengan operator new pada saat membentuk sebuah class.
Coba perhatikan pada Gambar Class Manusia. Dalam kode tersebut dibuat sebuah constructur public manusia yang berisi variabel String nama. Jadi, pada saat menginstansiasi sebuah objek dari class manusia, constructor akan dipanggilkan.
Seperti telah dibahas seebelumnya, objek merupakan bagian dinamis dari sebuah class. Class hanyalah protoripe dan tidak dapat digunakan secara langsung. Untuk memakai clas, haruslah sibuat sebuah objek terlebih dahulu. Contohnya, class manusia akan dibuatkan objeknya dengan nama Andre dan Rafi.
Pekerjaan Andre kariyawan, sedangkan Rafi pelajar.
        manusia andre = new manusia ("Andre"); /*Objek Andre*/
        andre.setCV("Kariyawan",27);
        manusia rafi = new manusia ("Rafi"); /*Objek Rafi*/
        rafi.setCV("pelajar",15);

terlihat bahwa objek Andre dan Rafi akan memanggil constructor manusia dengan parameter nama kemudian, selain memanggil constructor-Nya, tiap objek juga dapat memanggil method lain yang ada di dalam class manusia, yaitu method setCV. Dari contoh penggunaan objek di atas, terlihat jelas mandaat dari konsep OOP. Dengan konsep OOP, kita bisa menggunakan resoucre (class) yang sama dengan objek yang berbeda.

Post a Comment

Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??