0
Mengapa Harus Mempelajari Bahasa Java
Sebagai sebuah bahasa pemrograman yang terpopuler, Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi seperti dekstop, web, mobile, dan lainnya. Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan dapat dijankan di berbagai pltfrom sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya berfokus pada suatu sistem operasi dan bahasa pemprograman ini bersifat open source.

Berikut ini merupakan karakteristik java yang dikemukakan secara resmi oleh Sun.

1.       Sederhana (simple)
Bahasa pemrograman Java menggunakan sintaksis yang mirip dengan bahasa pendahulunya, yaitu C++. Akan tetapi, ada beberapa perubahan yang dilakukan seperti hilangnya penggunakan pointer yang rumit dan multi-inheritance. Selain itu, java menggunakan automatic memory allocation dan  garbage collection.

2.       Berorientasi objek (object oriented)
Java menggunakan pemprograman berorientasi objek sehingga memungkinkan sebuah program dibuat secara modular dan bisa dipergunakan kembali.

3.       Terinterpretasi (interpreted)
Java dijalankan dengan interpreter, yaitu Java Virtual Machine (JVM). Dengan adanya JVM, source code Java yang telah dikompilasi menjadi bytecodes dapat dijalankan di platfrom yang berbeda-beda.

4.       Terdistribusi (distributed)
Java membuat aplikasi terdistribusi secara murah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.

5.       Reliabel
Java mempunyai reliabilitas tinggi. Kompiler Java berkemampuan untuk mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemprograman lain. Java mempunyai runtime exception handiling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.

6.       Netral Arsitekturnya
Program Java merupakan platfrom independen. Program cukup mempunyai satu buatversi yang dapat dijalankan pada platfrom berbeda dengan JVM.

7.       Aman (secure)
Sebagai bahasa programan untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan agar aplikasi tidak digunakan merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.

8.       Mampu sitingkatkan performansinya
Performasi Java sering dikatakan kurang tinggi. Namun, performansi pada java dapat ditingkatkan dengan kompilasi Java lain seperti buatan inprise, Microsoft, ataupun Symantec yang menggunakan Just-In-Time Compiler (JIT).

9.       Portabel
Source code dan program Java dapat dengan mudah dibawa ke platfrom yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.

10.   Multithreaded
Java berkemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan.

11.   Dinamis
Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan dinamis. Perubahan pada suatu class dengan penambahan properti ataupun method dapat dilakukan tanpa menggunakan program pengguna class tersebut.


Sebagian Fitur Pemrograman Java
Java memiliki beberapa fitur yang memeudahkan para penggunanya ketika mengeksekusi atau menjalankan sebuah program, antara lain JVM, code security, dan garbage collection.

1.       Java Virtual Machine (JVM)
Pada Java terdapat JVM yang berkerja seperti aplikasi pada sebuah mesin nyata. JVM menyediakan spesifikasi hardware dan platfrom di mana kompilasi kode Java terjadi. Spesifikasi inilah yang membuatt aplikasi berbasis Java menjadi bebas dari platfrom mana pun.

2.       Code security
Code security terimplementasi pada Java penggunaan Java Runtime Environment (JRE). Java menggunakan model pengamanan tiga lapis untuk melindungi sistem dari Untrusted Java Code.
a.       Class-Loader menangani pemuatan kelas Java ke runtime interpreter. Proses ini menyediakan pengamanan dengan memisahkan kelas kelas yang berasal dari local disk dengan kelas kelas yang diambil dari jaringan. Class-Loader mampu membatasi aplkasi Trojan karena kelas kelas dari local disk akan dimuat terlebih dahulu.
b.       Bytecode verifier sebelum dijalankan dan menjamin bahwa bytecode telah memenuhi aturan aturan yang sudah ditentukan berdasarkan bahasa Java.
c.        Manajemen keamanan menanggani keamanan tingkat aplikasi dengan menetapkan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem file, port jaringan, proses eksternal, dan sistem windowing atau tidak.
3.       Garbage collection
Banyak bahasa pemograman lain, misalnya C, C++, C#, Visual Basic, dan lainnya yang mengizinkan mengalokasikan memori pada saat dijalankan dan menempatkan kembali blok memori tersebut supaya program lain dapat menggunakannya (masalahnya timbul bila pemograman lupa mengembalikan blok memori sehingga tidak perlu menghapus sendiri objek objek yang tidak lagi digunakan. Fasilitas ini mengurangi beban pada memori pada bahasa yang memungkinkan alokasi dinamis.


Teknik Pengamanan pada Java
Selain fitur fitur, java juga menyediakan beragam teknik pengamanan, misalnya peniadaan pointer dan penyediaan pengaman terhadap applet.

1.       Bahasa dirancang untuk mempersulit eksekusi kode perusak. Peniadaan  pointer merupakan langkah besar pengamanannya. Java tidak mengenal operasi optimasi dan pembuatan program yang efisienn serta mengagumkan. Namun, mode ini dapat menjadi petaka di tangan pemrogram yang sedikit usil. Pointer merupakan sarana luas biasa untuk pengaksesan tak diotorisasi. Dengan peniadaan operasi pointer, Java dapat menjadi bahasa yang lebih aman.

2.       Java memiliki beberapa pengamanan terhadap applet. Untuk mencegah program mengganggu media penyimpanan, applet tidak diperbolehkan melakukan open, read, ataupun write terhadap berkas secara sembarang. Karena Java applet dapat membuka jendela browser yang baru, jendela mempunyai logo Java dan teks identifikasi terhadap jendela yang dibuka. Hal ini mencegah jendela pop-up menipu sebagai permintaan keterangan username dan password.

Post a Comment

Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??