0
Class didefinisikan sebagai sebuah prototipe yang mendenifisikan variabel dan method yang umum untuk semua objek dari jenis tertentu. Kita dapat menggunakan definisi class untuk membuat objek dari tipe sebuah class.
Misalnya, objek dari class dapat berisi nama, alamat, nomor telepon, dan pekerjaan. Atau, dalam konteks lain, misalnya pengajian, class manusia bisa berisi properti seperti umur, status perkawinan, masa kerja, gaji, dan lain-lainnya. Hal di atas bergantung pada kebutuhan objek dalam class. Pada saat mendefinisikan class, ada dua hal yang harus dimasukan, yaitu atribut/field dan method.

1.      Atribut/field adalah variabel untuk menyimpan data yang membedakan suatu objek dengan objek lain dalam sebuah class.
2.      Method adalah fungsi atau prosedur yang dibuat oleh pemograman di salam suatu class. Jenisnya ada dua, yaitu method dan method prosedur.

Fungsi adalah bagian program atau sebprogram baralgoritma tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah dengan mengembalikan hasil program (method dengan pengembalian nilai). Sebaliknya, prosedur adalah bagian program atau subprogram beralgoritma tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa mengembalikan hasil program (method tanpa pengembalian nilai)
Berikut ini adalah bentuk class bernama class manusia

Dalam gambar diatas ada dua method, yaitu setCV dan display. Method setCV berfungsi untuk memasukan nilai pada variabel String pekerjaan dan int umur. Sementara method display berfungsi untuk menampilkan informasi dari objek yang sibuat. Kedua method tersebut merupakan method yang tidak memiliki pengembalian nilai.
Secara umum penulisan sebuah class sendiri ada dua bagian, yaitu
1.      Class declaration
2.      Class body
Class declaration merupakan deklarasi atau penamaan class dengan aturan umum sebagai berikut.
1.      Dalam penulisannya, spasi tidak boleh digunakan pada nama class. Sebagai pengganti degunakan “_”, misalnya pekerjaan_manager.
2.      Kata-kata yang sudah dikenali oleh kompiler Java, misalnya class publik, tidak boleh digunakan.

Sementara class body merupakan bagian class yang mendeklarasikan kode-kode program Java. Class body tersusun atas constructor, variabel, dan method (fungsi-fungsi atau prosedur).

Post a Comment

Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??