0
Perintah nested if atau if bersarang merupakan pernyataan kondisional yang memiliki pilihan lebih dari satu, dimana jika sebuah parameter yang dimaksud bernilai false, opsi selanjutnya yang akan dicek. Pada akhirnya, jika semua opsi tidak memenuhi syarat, opsi paling akhir (else) akan dieksekusi.



Contohnya dari nested if. Tujuan dari adanya oernyataan nested if adalah untuk mengatasi permasalahan kondisional yang memiliki banyak pilihan. Pada program ini terdapat sebuah variabel nilai tertipe char. Jika yang dimasukkan sebuah huruf, misalnya B, di dalam perintah nested if akan dilakukan pengecekan satu persatu sehingga kondisinya bernilai true (nilai==B). Jika kondisi tersebut terpenuhi, pertanyaan di dalam perintah kondisional akan dieksekusi. Sebaliknya, jika tidak ada satu pun kondisi yang diinginkan maka pernyataan di dalam else akan dieksekusi. Jadi, bisa dianalogikan bahwa else merupakan sisa dari pertanyaan kondisional.
Berikut ini adalah contoh dari program nested if

package perintah.nested.pkgif;
public class PerintahNestedIf {
    public static void main(String[] args) {
        char kota='A';
       
        if(kota=='A')
            System.out.println("Kota Pekanbaru");
        else if(kota=='B')
            System.out.println("Kota Duri");
        else if(kota=='C')
            System.out.println("Kota Jakarta");
        else if(kota=='D')
            System.out.println("Kota Pelembang");
        else
            System.out.println("Maaf, kota tidak terdaftar");
           
    }
}

Hasil saat dijalankan
 
Dengan menggunakan konsep pertanyaan konsional nested if-else, kita dapat membuat sejumlah pilihan pada setiap proses untuk program yang dibuat.

Post a Comment

Tolong berikan saran atau kritik kepada kami, dan jangan lupa bertanya apabila ada yang tidak pahami dalam tutorial artikel ini. Gunakanlah kata-kata yang sopan??